Tech-Fun!

Hati-hati! Ini 5 Hal Berbahaya Verifikasi Akun Menggunakan KTP

Hal Berbahaya Verifikasi Akun Menggunakan KTP

Memang tidak bisa dipungkiri kalau saat ini sedang marak sekali aplikasi pinjam uang online. Karena, cara pendaftarannya mudah tanpa harus datang ke kantor dan juga tanpa survey dari pihak penyedia. Namun, salah satu persyaratan pendaftaran aplikasi tersebut menggunakan KTP (Kartu Tanda Penduduk).

Seperti yang kita ketahui ya gaes, kalau informasi yang paling sering dicuri hacker adalah informasi yang terdapat pada KTP. Makanya kamu juga harus tau nih hal berbahaya jika verifikasi akun menggunakan KTP. Karena, bisa saja merugikan kamu di kemudian hari.

Jadi, langsung aja yuk disimak ada apa aja sih hal berbahaya verifikasi akun menggunakan KTP berikut ini!

Dipikir Dulu! Ini Hal Berbahaya Verifikasi Akun Menggunakan KTP

Sama seperti artikel mengenai foto yang tidak boleh dibagikan di media sosial, salah satunya adalah foto identitas atau KTP. Karena, kalau kamu sebarkan dampak berbahayanya sama dengan berikut ini!

1. Data Pribadi Akan Bocor

Hal Berbahaya Verifikasi Akun Menggunakan KTP

Data Pribadi Akan Bocor

Hal berbahaya jika verifikasi akun menggunakan KTP yang pertama adalah data pribadi akan lebih mudah bocor. Mungkin kamu akan mengira kalau aplikasi tersebut memiliki reputasi baik bahkan terdaftar di lembaga resmi Pemerintah. Tapi, itu semua nggak cukup menjamin loh kalau data tersebut tidak akan bocor.

Karena, zaman udah makin canggih dan juga sudah banyak organisasi hacker yang sangat handal, bisa saja mereka memanfaatkan kebocoran data tersebut untuk keperluan pribadi. Apalagi saat ini sudah banyak perusahaan teknologi yang mengalami kebocoran data salah satunya dalah Facebook.

2. Kehilangan Akses Terhadap Data Pribadi

Hal Berbahaya Verifikasi Akun Menggunakan KTP

Kehilangan Akses Terhadap Data Pribadi

Hal berbahaya verifikasi akun menggunakan KTP yang kedua adalah kamu akan kehilangan akses terhadap data pribadi. Nah, ini yang paling berbahaya loh gaes! Jangan sampai data pribadi kamu jatuh di tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Karena, besar kemungkinan akan dimanfaatkan.

Apalagi salah satu jenis hacker di dunia ini memanfaatkan data pribadi orang lain untuk melakukan kejahatan. Bahkan pemilik data pribadi sendiri pun ada yang sadar dan ada juga yang nggak sadar. Kalau kamu sadar, bisa saja mereka langsung memblokir kamu untuk pengaksesan dari aplikasi yang kamu gunakan.

3. Bisa Disalahgunakan Oleh Hacker

Hal Berbahaya Verifikasi Akun Menggunakan KTP

Bisa Disalahgunakan Oleh Hacker

Hal berbahaya jika verifikasi akun menggunakan KTP yang ketiga adalah disalahgunakan oleh hacker. Sama seperti dengan poin sebelumnya, ketika kamu melakukan verifikasi akun menggunakan KTP, nggak ada yang bisa menjamin aplikasi tersebut memiliki sistem keamanan yang sangat tinggi. Mungkin kalau untuk sekelas hacker gadungan akan sangat mustahil.

Tapi, kalau sudah sekelas hacker internasional seperti hacker asal Indonesia yang paling ditakuti dunia sih bakalan ada kemungkinan besar gaes. Kalau sudah disalahgunakan oleh hacker, justru kamu sendiri loh yang rugi. Karena, kamu yang harusnya bertanggung jawab, soalnya data tersebut menggunakan data pribadi kamu.

4. Rentan Terkena Penipuan

Hal Berbahaya Verifikasi Akun Menggunakan KTP

Rentan Terkena Penipuan

Hal berbahaya verifikasi akun menggunakan KTP yang keempat adalah rentan terkena penipuan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau verifikasi menggunakan KTP bisa saja terjadi bocoran data. Nah, bocornya data ini bisa dimanfaatkan oleh beberapa oknum loh gaes.

Salah satunya oleh oknum yang suka melakukan penipuan. Bisa saja mereka menggunakan atasnama kamu dengan berbelanja di salah satu situs belanja online. Apalagi data yang mereka pegang juga cukup valid sehingga kamu akan menjadi korban dan tentunya bisa aja kamu dikenakan pasal aksi kriminal dan juga penipuan. Jadi, berhati-hati ya!

5. Kerugian Materi

Hal Berbahaya Verifikasi Akun Menggunakan KTP

Kerugian Materi

Hal berbahaya jika verifikasi akun menggunakan KTP yang terakhir adalah kamu akan mendapatkan kerugian materi. Yups, karena adanya bocoran data tersebut dan bisa saja oknum tidak bertanggung jawab tersebut menggunakan data pribadimu untuk membeli di aplikasi belanja online tanpa sepengetahuan kamu tentunya.

Dengan begitu, kamu akan mendapatkan dampak kerugian materi deh. Nggak cuma itu aja sih, keselamatan kamu beresiko terancam. Mengapa demikian? Karena, oknum tidak bertanggung jawab memiliki data kamu dan mereka bisa saja melakukan hal-hal yang bisa membahayakan nyawa kamu gaes. Hiii… serem kan!

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan apa aja sih hal berbahaya jika verifikasi akun menggunakan KTP. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai hal berbahaya verifikasi akun menggunakan KTP ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih hal berbahaya jika verifikasi akun menggunakan KTP. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai hal berbahaya verifikasi akun menggunakan KTP ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top