Tips

10 Hal Fatal yang Sering Kamu Lakukan Saat Men-charge Smartphone

10 Hal Fatal yang Sering Kamu Lakukan Saat Men-charge Smartphone 6

Ketika baterai smartphone sudah mulai habis, pasti kamu akan men-charge smartphone tersebut. Akan tetapi, kamu pasti sering melakukan hal fatal yang sering dilakukan ketika men-charge yang membuat charge smartphone lambat.

Bermain sambil men-charge smartphone itu bisa menjadi salah satu hal fatal yang sering kamu lakukan. Namun, tidak hanya itu saja. TipsPintar.com akan memberitahu kamu apa saja hal-hal yang sering kamu lakukan.

BACA
Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa di Cas dengan Mudah

Inilah Hal Fatal yang Sering Kamu Lakukan Charge Smartphone

Jika kamu sering melakukan hal itu, mungkin baterai smartphone bocor. Wah, sangat buruk yah. Daripada penasaran, langsung aja yuk simak artikel yang satu ini sobat pintar.

1. Men-charge Semalaman

Charger Semalaman

Charger Semalaman

Hal pertama adalah men-charge semalaman. Pasti kamu sering melakukan hal seperti ini, yang dimana kamu akan men-charge ketika kamu ingin tidur dan akan mencabutnya pada keesokan pagi.

Itu sangat berbahaya dan sebaiknya jangan kamu lakukan secara terus-menerus. Pasalnya listrik akan terus mengalir kedalam baterai smartphone dan baterai smartphone akan cepat rusak.

Baca Juga: 5 Hal BURUK yang Terjadi Jika Smartphone Di-charge Semalaman

2. Charge Smartphone Hingga 100%

Charger Hingga 100%

Charger Hingga 100%

Hal selanjutnya adalah charge smartphone hingga 100%. Kebanyakan orang pasti akan men-charge smartphone-nya hingga 100%. Kamu perlu tahu, bahwa smartphone cukup di-charge hingga baterai 80%-90% saja.

Para ahli justru menyarankan untuk men-charge smartphone hingga 80% atau 90% saja. Jika charge sampai 100%, maka akan memberikan daya yang berlebihan ketika kamu gunakan.

Baca Juga: 7 Tips Mengatasi Charging yang Lambat di Smartphone

3. Charge Tanpa Melepas Casing Pelindung Smartphone

Casing Pelindung Smartphone

Casing Pelindung Smartphone

Hal selanjutnya adalah charge tanpa melepas casing pelindung dari smartphone. Ketika men-charge smartphone yang menggunakan casing pelingdung, itu sangat mengganggu sekali. Pasalnya hawa panas yang dihasilkan dari charge akan tertahan oleh casing pelindung tersebut.

Sebaiknya kamu lepas casing pelindung dari smartphone tersebut, agar hawa panas bisa keluar dan baterai smartphone tidak cepat rusak.

Baca Juga: 5 Tips Menghemat Baterai Smartphone Agar Tahan Seharian

4. Menggunakan Charger Palsu

Charger Palsu

Charger Palsu

Hal selanjutnya adalah menggunakan charger palsu. Kebanyakan orang pasti menggunakan charger palsu yang dimana itu akan berbeda dengan volt maupun amper yang dibutuhkan oleh setiap smartphone.

Untuk itu, gunakanlah charger asli atau bawaan dari smartphone tersebut. Agar baterai smartphone kamu tidak cepat rusak. Wah, sangat berpengaruh sekali ya menggunakan charger palsu atau asli.

Baca Juga: 5 Cara Bedakan Charger Samsung Asli dan Palsu

5. Men-charger Smartphone di Suhu Ekstrim

Charger di Suhu Ekstrim

Charger di Suhu Ekstrim

Hal selanjutnya adalah men-charge smartphone di suhu ekstrim. Biasanya kamu suka men-charge di dekat TV, di atas kulkas maupun di atas kasur. Itu akan memrusak baterai smartphone kamu loh. Pasalnya suhu yang di terima oleh smartphone akan berlebihan dan menyebabkan baterai rusak.

Untuk itu, charge lah pada tempat semestinya. Jangan di dekat dengan benda yang dapat mengeluarkan suhu panas yang berlebihan dan berdampak buruk kepada smartphone kamu.

Baca Juga: 10 Cara Menghemat Baterai Android Saat Mudik

6. Men-charge Smartphone yang Baru Saja di Beli

Smartphone Baru Di-charge

Smartphone Baru Di-charge

Hal selanjutnya adalah men-charge smartphone yang baru saja di beli. Ketika kamu membeli smartphone baru pasti kamu akan men-charge-nya hingga baterai penuh. Hal ini sebaiknya jangan kamu lakukan yah ketika ingin membeli smarphone baru.

Setiap smartphone baru pasti memiliki daya baterai yang dimana bisa kamu gunakan secara langsung, tanpa harus di-charge terlebih dahulu yang dimana kamu akan mengisinya hingga penuh.

Baca Juga: Cara Mengatasi Smartphone yang Tidak Bisa Di-charge

7. Menggunakan Charger Nirkabel

Charger Nirkabel

Charger Nirkabel

Hal selanjutnya adalah menggunakan charger nirkabel. Kini ada charger terbaru yang dimana kamu bisa men-charge dengan hanya menempelkan smartphone pada wadah saja.

Ketika kamu men-charge smartphone dengan menggunakan charger nirkabel. Suhu yang dipancarkan melalui charger nirkabel sangat panas dan itu cukup berbahaya bagi baterai smartphone kamu.

Baca Juga: 10 Cara Menghemat Baterai iPhone dan iPad

8. Menggunakan Smartphone Ketika Sedang Di-charge

Menggunakan Smartphone Ketika Di-Charge

Menggunakan Smartphone Ketika Di-Charge

Hal selanjutnya adalah menggunakan smartphone ketika sedang di-charge. Kebanyakan orang pasti suka melakukan hal yang satu ini. Kita pasti tidak jauh dari smartphone bahkan sampai rela menggunakan smartphone ketika di-charge.

Ini sangat berbahaya, karena smartphone tidak akan bisa terisi penuh karena charger smartphone kamu gunakan juga. Sebaiknya janganlah menggunakan smartphone ketika di-charge. Tunggu hingga baterai smartphone menjadi penuh.

Baca Juga: 8 Tips Menghemat Baterai Saat Main Mobile Legends

9. Charger Smartphone Melalui Laptop

Charge Melalui Laptop

Charge Melalui Laptop

Hal selanjutnya adalah charger smartphone melalui laptop. Ketika sedang berada diluar dan kamu sedang membawa laptop. Pastinya kamu akan men-charger smartphone melalui laptop ketika baterai smartphone kamu habis.

Jika kamu sering melakukan hal seperti itu. Maka baterai laptop kamu akan cepat rusak. Sebaiknya kurangi atau jangan sampai men-charger smartphone melalui laptop yah sobat pintar.

Baca Juga: 8 Tips Agar Baterai iPhoneAwet dan Tahan Lama

10. Terlalu Sering Menggunaakn Power Bank

Charge Melalui Power Bank

Charge Melalui Power Bank

Hal terakhir adalah terlalu sering men-charger menggunakan power bank. Power bank sangat membantu ketika kamu sedang melakukan perjalanan jauh seperti traveling. Pasalnya power bank dapat menyimpan daya listrik yang bisa kamu gunakan kembali ke smartphone.

Sayangnya, power bank dapat membuat baterai smartphone kamu cepat rusak loh. Pasalnya perbedaan antara daya listrik yang dihasilkan melalui power bank cukup berbeda dengan daya listrik yang diperlukan oleh setiap smartphone.

Baca Juga: 10 Power Bank Kapasitas Besar Kualitas Terbaik 2018

Nah, itu dia 10 Hal Fatal yang Sering Kamu Lakukan Saat Men-charge Smartphone. Jika kamu memiliki saran atau pendapat lain. Silahkan berikan di kolom komentar ya dan jangan lupa untuk Share artikel ini agar semakin banyak yang tahu.

Artikel Manarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top