Tech-Fun!

Sering Salah Kaprah! Ini Perbedaan Hacker dan Cracker

Perbedaan Hacker dan Cracker

Seiring banyaknya situs untuk belajar hacking maupun game hacking, kini makin marak juga hacker-hacker yang suka iseng meretas sistem maupun situs tertentu. Jika yang diretas hacker hanya untuk menguji sih tidak masalah.

Namun, jika digunakan untuk kepentingan pribadi inilah yang tidak boleh dilakukan. Apalagi informasi yang paling sering dicuri hacker merupakan akun finansial yang bisa saja merugikan pihak tertentu.

Tapi, kamu tau gak sih gaes? Bukan hanya hacker saja yang jahat. Sebenarnya yang lebih jahat adalah cracker. Nah, buat kamu yang belum tau perbedaan hacker dan cracker bisa langsung simak aja nih!

Biar Gak Salah Kaprah! Berikut Perbedaan Hacker dan Cracker

Mungkin karena keseringan nonton film tentang hacker, banyak orang yang salah kaprah dengan hacker dan cracker. Oleh sebab itu, kamu langsung simak aja nih perbedaan antara hacker dan cracker.

1. Apa sih Hacker itu?

Perbedaan Hacker dan Cracker

Apa sih Hacker itu?

Seperti yang kita ketahui, kalau hacker merupakan seseorang yang mampu meretas salah satu sistem komputer yang tujuannya untuk bisa mengakses data-data milik orang lain secara ilegal.

Jika sebelumnya, kita sudah membahas jenis hacker dan cara kerjanya, namun memang sejatinya pekerjaan seorang hacker itu ilegal. Karena, kebanyakan dari mereka meretas hanya untuk membobol data maupun situs untuk kepentingan pribadinya saja.

Namun, ada juga hacker yang meretas sistem atau situs hanya untuk mengetes seberapa aman sistem tersebut. Sehingga, pemilik sistem atau situs bisa lebih baik lagi mengamankan sistem beserta datanya.

2. Apa sih Cracker itu?

Perbedaan Hacker dan Cracker

Apa sih Cracker itu?

Walaupun sering disamakan dengan hacker, namun cracker itu berbeda dengan hacker. Cracker artinya “Retak atau Membuka”. Cracker merupakan seseorang yang mengambil data orang lain yang sistem keamanannya sudah dibobol.

Sama dengan hacker, perbuatan seorang cracker pun dianggap ilegal. Apalagi cracker ini memang tujuannya untuk kepentingan pribadi, bukan untuk mengetes sistem. Jadi, kita seharusnya lebih berhati-hati dengan cracker, karena mereka pun termasuk dalam organisasi hacker paling ditakuti di dunia.

3. Salahnya Presepsi Tentang Hacker

Perbedaan Hacker dan Cracker

Salahnya Presepsi Tentang Hacker

Perbedaan hacker dan cracker selanjutnya adalah bahwa banyaknya yang salah kaprah mengenai hacker. Yups, banyak yang berpendat bahwa seorang peretas merupakan hacker, padahal bisa saja ia seorang cracker.

Pada dasarnya, hacker bisa saja seorang peretas yang baik. Namun, cracker tetap merupakan peretas yang jahat. Oleh sebab itu, kita harus lebih berhati-hati dengan cracker, dengan cara mengikuti tips menghindari terkena retasan.

4. Hacker Tidak Selamanya Buruk

Perbedaan Hacker dan Cracker

Hacker Tidak Selamanya Buruk

Perbedaan hacker dan cracker berikutnya adalah ternyata seorang hacker tidak selamanya jahat atau buruk. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau hacker bisa saja meretas sistem hanya untuk menguji keamanan sistem.

Bahkan, karena keisengan dalam menguji sistem tersebut pun pernah ada bocah cilik seorang hacker paling ditakuti yang akhirnya direkrut oleh kepolisian loh. Mereka membutuhkan hacker untuk bisa bertugas di dalam bidang siber.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan apa aja sih perbedaan hacker dan cracker. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai perbedaan antara hacker dan cracker ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau apa aja sih perbedaan hacker dan cracker. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai perbedaan antara hacker dan cracker ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top