Lifestyle

Bukan Cuma Indonesia, Negara ini Juga Pernah Memindahkan Ibu Kota

Negara yang Pernah Memindahkan Ibu Kota

Seperti yang saat ini sedang ramai di Indonesia, bahwa kabarnya ibu kota negara Indonesia yang tadinya berada di Jakarta akan dipindahkan ke Kalimantan. Hal ini disebabkan karena di Jakarta terlalu macet, jumlah penduduk yang semakin padat, padahal Jakarta tempo dulu sangat asri dan bebas polusi loh gaes.

Walaupun Kalimantan belum termasuk salah satu kota di Indonesia dengan koneksi internet yang cepat. Namun, dengan adanya perpindahan ibu kota ini diharapkan bisa menyetarakan semua kota yang ada di Indonesia. Seperti halnya dengan negara yang pernah memindahkan ibu kota berikut ini!

Nggak Cuma Indonesia! Berikut Ini 5 Negara yang Pernah Memindahkan Ibu Kota

Oh iya, negara yang pernah memindahkan ibu kota berikut ini juga ternyata ada loh yang termasuk salah satu ibu kota paling canggih di dunia. Penasaran kan ibu kota apa? Langsung simak aja gaes!

1. Brazil (Rio de Janeiro ke Brasilia)

Negara yang Pernah Memindahkan Ibu Kota

Brazil dari Rio de Janeiro ke Brasilia

Pertama negara yang pernah memindahkan ibu kota adalah Brazil. Perlu kamu ketahui gaes, ternyata ibu kota negara Brazil yang pertama berada di Rio de Janeiro. Nah, kabarnya karena kota tersebut semakin sesak, kemudian Pemerintah Brazil membangun ibu kota baru.

Ibu kota baru tersebut diberi nama Brasilia. Walaupun Brazil menjadi salah satu negara yang memblokir YouTube, namun Brazil berhasil menjadikan Brasilia sebagai kota dengan pertumbuhan yang sangat pesat. Nah, gara-gara Brazil inilah banyak negara yang merelokasikan ibu kotanya juga gaes.

2. Kazakhstan (Almaty ke Astana)

Negara yang Pernah Memindahkan Ibu Kota

Kazakhstan dari Almaty ke Astana

Negara yang memindahkan ibu kotanya, yang kedua adalah Kazakhstan. Perlu kamu ketahui gaes, kalau ibu kota Kazakhstan ini awalnya berada di Almaty. Ibu kota sudah lama sekali bahkan ibu kota ini sudah ada sebelum negara Kazakhstan merdeka dari Uni Soviet di tahun 1992.

Kemudian pada tahun 1997 Pemerintah Kazakhstan memindahkan ibu kota ke Astana. Pemindahan ibu kota Kazakhstan dari Almaty ke Astana ini dikarenakan kota tersebut terlalu sempit, kemudian juga rawan becana alam seperti gempa bumi dan juga letaknya yang berdekatan dengan perbatasan negara.

3. Inggris (Winchester ke London)

Negara yang Pernah Memindahkan Ibu Kota

Inggris dari Winchester ke London

Ketiga negara yang pernah memindahkan ibu kota adalah Inggris. Inggris yang menjadi salah satu negara dengan kemajuan teknologi paling cepat ini juga ternyata ibu kotanya berawal di Winchester loh gaes. Kemudian pada tahun 1066 ibu kota Inggris berpindah ke London.

BACA
Hujan Darah? Ini Dia Kejadian Paling Aneh di Luar Nalar Manusia

Kini London menjadi ibu kota negara bahkan menjadi pusat pemerintahannya juga. Oh iya, pada saat perpindahan ibu kota ke London juga berjalan sangat mulus padahal saat itu kota London juga termasuk salah satu populasi yang cukup besar dan London juga menjadi salah satu ibu kota paling canggih di dunia.

4. Nigeria (Lagos ke Abuja)

Negara yang Pernah Memindahkan Ibu Kota

Nigeria dari Lagos ke Abuja

Negara yang memindahkan ibu kotanya, yang keempat adalah Nigeria. Nigeria memang termasuk salah satu negara dengan paket internet termahal di dunia ini pun pernah memindahkan ibu kotanya loh gaes. Awalnya ibu kota Nigeria ini berada di Lagos.

Kemudian, pada tahun 1980 Pemerintah Nigeria membangun kota baru dengan nama Abuja. Kota tersebut dijadikan sebagai ibu kota baru negara Nigeria. Di kota tersebut juga sudah dibangun pusat Pemerintahan dan diresmikan pada tahun 1991.

5. Australia (Melbourne ke Canberra)

Negara yang Pernah Memindahkan Ibu Kota

Australia dari Melbourne ke Canberra

Terakhir negara yang pernah memindahkan ibu kota adalah Australia. Mungkin kamu berpendapat kalau ibu kota Australia itu berada di Melbourne ya, padahal kenyataan saat ini ibu kota Australia itu berada di Canberra loh. Namun, memang benar dulunya ibu kota Australia di Melbourne.

Setelah itu Pemerintah mengadakan sayembara untuk perpindahan ibu kota dan terpilihlah kota Canberra gaes. Hal ini disebabkan karena kota tersebut merupakan kota dengan pertukaran uang yang cukup besar, makanya nggak heran kalau salah satu startup Indonesia berhasil Go Internasional seperti Bridestory yang sudah tersedia di negara Australia.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja negara yang pernah memindahkan ibu kota ini. Nah, kamu jangan lupa juga ya untuk share artikel mengenai daftar negara yang pernah memindahkan ibu kota ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih negara yang pernah memindahkan ibu kota ini. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai daftar negara yang pernah memindahkan ibu kota ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top