Media Sosial

12 Tips Membuat VLOG Paling Mudah Bagi Pemula

Tips Membuat VLOG

Seperti yang sudah pernah kita bahas, salah satu cara mendapatkan uang dari YouTube adalah dengan membuat konten video YouTube yang menarik. Video menarik ini juga bisa kamu ikuti dengan melihat yang trending.

Salah satu video yang sering kali trending di YouTube adalah membuat vlog. Vlog adalah singkatan dari Video Blogging. Kegiatan blogging ini menggunakan video sebagai medianya.

Sebelumnya kita sudah pernah membahas cara membuat vlog untuk pemula. Salah satunya adalah dengan mengedit videonya menggunakan aplikasi edit video untuk vlog.

Eits, nggak cuma mengedit video aja loh yang harus kamu perhatikan. Ada beberapa hal lainnya. Nah, berikut ini tips membuat vlog dengan mudah untuk pemula.

Mau Coba Buat Vlog? Ikuti Tips Membuat Vlog Berikut Ini!

Sebelum kamu mencoba edit video vlog, alangkah lebih baik lagi kamu coba ikuti tips-tips berikut ini juga ya!

1. Tentukan Konsep Vlog

Tips Membuat VLOG

Tentukan Konsep Vlog

Tips membuat vlog pemula yang pertama adalah dengan menentukan konsep vlog. Hal ini penting banget loh gaes, karena kamu juga harus menentukan temanya.

Misalkan kamu ingin membuat vlog dengan tema traveling, maka kamu harus membuat video tentang perjalanan seperti pemandangan, kemudian biaya-biaya yang dikenakan selama perjalanan.

Dengan menentukan konsep maka video vlog kamu akan terlihat lebih berkualitas dan tentunya kamu nggak bakalan bingung saat merekam video.

Oh iya, konsep vlog saat ini banyak loh seperti kuliner, home tour atau bahkan kegiatan kamu sehari-hari. Jangan lupa untuk dikemas sedemikian rupa agar terlihat menarik ya gaes.

2. Menggunakan Kamera yang Berkualitas

Tips Membuat VLOG

Menggunakan Kamera yang Berkualitas

Tips membuat vlog bagi pemula yang kedua adalah dengan menggunakan kamera yang berkualitas. Yups, ini salah satu bagian terpenting dalam membuat vlog.

Cobalah untuk menggunakan kamera yang bagus seperti kamera DSLR maupun kamera mirrorless. Oh iya, perlu kamu ketahui nih! Kabarnya kamera mirrorless memang diperuntukkan untuk pengguna yang ingin merekam video vlog.

Karena, pada bagian LCD atau layarnya bisa diputar ke arah depan. Jadi, kamu bisa mengambil video diri sendiri saat sedang memberikan informasi.

“Kenapa harus menggunakan kamera DSLR atau kamera mirrorless?”

Karena, dengan menggunakan kamera tersebut kamu bisa mendapatkan video yang high quality atau video yang berkualitas. Tentu saja hal ini akan membuat video vlog kamu semakin kece dan juga keren!

“Harga kamera saat ini mahal, bagaimana kalau menggunakan kamera smartphone?”

Boleh banget kok gaes! Tapi perlu dicatat juga nih. Gunakan smartphone dengan kamera terbaik ya. Karena, kualitas video juga harus diperhatikan.

Jangan sampai kamu membuat video vlog dengan menggunakan smartphone yang kameranya buram. Kalau memang kamera smartphone kamu buram, cobalah untuk membersihkannya terlebih dahulu.

Dengan begitu kamu bisa merekam video vlog dengan kualitas yang jernih dan bersih. Sehingga, orang-orang yang menontonnya akan nyaman.

3. Merekam Video Secara Landscape

Tips Membuat VLOG

Merekam Video Secara Landscape

Tips yang ketiga adalah dengan merekam video secara landscape atau horizontal. Seperti yang pernah kita lihat ya gaes, hampir jarang sekali YouTuber terkenal di Indonesia merekam video vlog secara portrait atau vertikal.

“Kenapa demikian?”

Karena, dengan merekam video secara landscape akan memperlihatkan suasana atau pemandangan yang ada di sekitar jauh lebih luas.

Sedangkan merekam video secara portrait pemandangannya jadi terbatas. Jadi, akan kurang nyaman jika ditonton oleh orang lain.

4. Rekam Audio Menggunakan Microphone

Tips Membuat VLOG

Rekam Audio Menggunakan Microphone

Tips membuat vlog bagi pemula yang keempat adalah dengan merekam audio menggunakan microphone. Ini juga merupakan bagian terpenting dalam membuat vlog.

Karena, judulnya membuat vlog sudah pasti akan ada seseorang atau kamu sendiri yang akan berbincang. Jadi, untuk mendapatkan audio yang bagus kamu memerlukan microphone.

Sekarang, kamu bisa kok mengandalkan smartphone sebagai microphone. Nanti kamu gunakan aplikasi rekaman suara aja untuk mendapatkan audio yang jernih.

5. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Fitur Zoom

Tips Membuat VLOG

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Fitur Zoom

Tips membuat vlog untuk pemula yang kelima adalah dengan tidak sering menggunakan fitur zoom. Seperti yang kita ketahui ya kalau fitur zoom ini untuk memperjelas video.

Namun, sepertinya fitur ini dirasa kurang begitu nyaman ketika digunakan untuk merekam video. Nantinya video akan terguncang atau goyang yang disebabkan karena kamu memutar lensa untuk memperbesar video.

Jadi, untuk memperjelas video alangkah lebih baiknya kamu mendekati objek tersebut. Jika memang tidak begitu jelas objeknya, kamu bisa menggunakan aplikasi edit video supaya bisa memperbesar video sehingga hasilnya lebih bagus lagi.

6. Gunakan Pencahayaan yang Alami

Tips Membuat VLOG

Gunakan Pencahayaan yang Alami

Tips yang keenam adalah dengan menggunakan pencahayaan yang alami. Hal ini juga penting banget loh untuk mendapatkan kualitas video vlog yang bagus.

Karena, kalau kamu menggunakan smartphone untuk merekam video dan menggunakan flash, maka hasilnya akan buram atau banyak notch (bintik-bintik).

Kalau sudah begitu, hasil videonya bakalan kurang menarik. Jadi, lebih baik kamu cari pencahayaan yang alami, seperti sinar matahari atau lampu jalan maupun gedung.

BACA
10 Hero yang Sulit Dimainkan Oleh Player Pemula di Mobile Legends

Jika kamu ingin menggunakan cahaya tambahan, lebih baik gunakan flash eksternal. Karena, flash eksternal ini tidak terlalu mengganggu saat pengambilan video. Soalnya bisa kamu pindah-pindahkan sesuai dengan keinginanmu.

Oh iya, tips ini juga berlaku loh buat kamu yang ingin mengambil foto di malam hari. Kenapa demikian? Karena, nanti hasilnya akan terlihat kurang profesional.

7. Menggunakan Tripod atau Monopod

Tips Membuat VLOG

Menggunakan Tripod atau Monopod

Tips membuat vlog yang ketujuh adalah dengan mengambil video menggunakan tripod atau monopod. Salah satu alat ini penting banget buat menunjang pengambilan video vlog kamu loh!

Tripod atau monopod ini berfungsi untuk mengurangi terjadinya pengambilan video yang terlihat goyang. Jadi, dengan menggunakan alat ini kamu bisa mengambil rekaman video dengan kondisi yang stabil.

Tripod maupun monopod ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya kram atau rasa pegal tangan saat merekam video menggunakan kamera DLSR, mirrorless maupun smartphone.

Selain itu, kalau kamu ingin membuat video vlog sendirian, alat ini berfungsi untuk merekamnya dengan didirikan saja di tempat yang kamu inginkan. Kemudian kamu bisa mengatur timernya saja untuk pengambilan video diri sendiri.

Oh iya, trik ini juga berlaku loh di artikel tips mengambil foto saat malam hari. Karena, bisa mencegah terjadinya pengambilan foto yang goyang saat tangan terguncang.

Nah, buat kamu yang belum mempunyai tripod bisa coba langsung beli aja di online shop kesayangan kamu di Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan lain sebagainya.

8. Ambil Footage Video Pemandangan

Tips Membuat VLOG

Ambil Footage Video Pemandangan

Tips untuk membuat vlog bagi pemula yang kedelapan adalah dengan mengambil footage video pemandangan. Yups, seperti yang kita ketahui ya kalau vlog biasanya lebih banyak perbincangan.

Akan tetapi, kalau kamu isi dengan perbincangan saja, maka orang lain akan cepat bosan untuk melihatnya. Jadi, untuk mengakalinya kamu harus mengambil footage video pemandangan sekitar.

Oh iya, tips ini penting banget buat kamu yang ingin membuat konten vlog mengenai traveling. Jadi, usahakan kamu ambil footage video pemandangan sebanyak mungkin ya gaes!

9. Ambil Video Ketika Sedang Berbincang

Tips Membuat VLOG

Ambil Video Ketika Sedang Berbincang

Tips dalam membuat vlog yang kesembilan adalah dengan mengambil video ketika sedang berbincang. Yups, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya ya gaes, selain kamu mengambil footage video pemandangan, kamu juga harus mengambil footage video saat berbincang.

Karena, konsepnya membuat video vlog. Jadi, sudah pasti kamu harus memberikan informasi dengan berbincang. Oh iya, jangan sampai kamu merekamnya hanya pemandangan dan tidak ada sama sekali objek berupa orang di dalamnya.

Hal itu akan membuat video vlog kamu terasa sangat membosankan sekali untuk ditonton. Jadi, silahkan tampilkan diri sendiri maupun orang lain di dalam video vlog kamu ya!

10. Merekam Video dengan Objek yang Tepat

Tips Membuat VLOG

Merekam Video dengan Objek yang Tepat

Tips yang kesepuluh adalah dengan merekam video dengan objek yang tepat. Istilahnya dalam dunia fotografi adalah rule of thirds atau aturan sepertiga.

Aturan ini memposisikan objek di sepertiga bagian pada video agar dilihatnya lebih enak. Maksudnya adalah jangan sampai kamu merekam objek yang terpotong.

Seperti saat merekam seseorang dalam berbicara, hanya terlihat bagian mulut sampai ke bagian bawah tubuhnya. Jika seperti itu, maka video yang kamu rekam akan terlihat kurang enak untuk dilihat. Jadi, perhatikan juga dalam pengambilan objek pada video ya gaes.

11. Pilih Lagu yang Sesuai dengan Vlog

Tips Membuat VLOG

Pilih Lagu yang Sesuai dengan Vlog

Selanjutnya tips membuat video vlog untuk pemula adalah dengan memilih lagu yang sesuai dengan video yang kamu buat. Nah, ini juga penting banget nih!

Jangan sampai kamu membuat video vlog traveling malah menggunakan lagu yang sedih. Padahal image dari traveling itu seru dan mengasyikan.

Eits, terkecuali pada bagian video yang terakhir ya gaes. Kamu boleh kok menggunakan lagu yang agak melow. Jadi, kesannya seperti perpisahan gitu pada videonya.

Oh iya, sesuaikan juga ya dengan footage video vlog yang kamu rekam. Karena, kalau kurang sesuai akan terlihat seperti membuat vlog yang asal-asalan.

12. Lakukan Pengeditan Menggunakan Aplikasi Edit Video

Tips Membuat VLOG

Lakukan Pengeditan Menggunakan Aplikasi Edit Video

Tips membuat vlog untuk pemula yang terakhir adalah dengan melakukan pengeditan menggunakan aplikasi edit video. Bagian ini paling krusial banget!

Soalnya kamu diharuskan untuk menggabungkan beberapa video vlog menjadi satu. Karena, seperti yang kita ketahui kalau merekam video vlog tidak melulu selalu ‘ON’ saat merekamnya.

Pasti ada saatnya bagian yang di ‘Pause’. Oleh sebab itu, kamu harus menggunakan aplikasi edit video agar bisa memotong bagian video yang tidak diinginkan.

Oh iya, kamu juga bisa kok mengedit video vlog di PC dengan menggunakan aplikasi edit video seperti Adobe Premiere maupun Wondershare Filmora.

Selain itu, kalau kamu pengguna smartphone iPhone, bisa juga menggunakan aplikasi edit video di iPhone. Pastikan kamu memilih aplikasi yang fiturnya cukup lengkap ya!

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau dong tips membuat vlog bagi pemula. Jadi, habis ini kamu harus siap-siap membuat konten vlog di YouTube ya!

Oh iya, jangan lupa juga untuk sharing ke temen-temen kamu mengenai tips membuat vlog bagi pemula. Supaya mereka juga tau ada apa aja sih tips membuat vlog untuk pemula.

Nah, kalau kamu punya kritik dan saran tentang artikel tips membuat vlog untuk pemula ini, langsung aja ya tulis di kolom komentar bawah sini 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top